Cara Menghilangkan Virus Shortcut di laptop


Cara menghilangkan virus shortcut di pc, flash disk, atau kartu memori


Apa yang terjadi bila perangkat penyimpanan Anda terkena virus??
Pasti kalian semua panik kan, takut kalau datanya hilang. Apalagi kalau file yang kita simpan sangat penting seperti contoh, data skripsi, atau data yang berisi laporan bisnis. Nah pasti hal tersebut membuat Anda pusing. Tenang kawan, itu masih manusiawi.

Tapi disini saya akan menjelaskan salah satu virus yang mungkin sedang menyerang perangkat komputer atau penyimpanan Anda, yaitu virus Shortcut atau istilah kerennya virus ramnit.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus Mudah CepatVirus shortcut adalah virus yang perkembangannya sangat cepat. Virus ini mulai muncul pada awal tahun 2011 yang menyerang berbagai perangkat dengan cepat. Terhitung sudah puluhan bahkan jutaan komputer telah terinfeksi virus ini. 

Virus ini biasanya menyerang file berformat .DLL dan .EXE yang menjadi sistem Windows.
Kebanyakan virus ini menginfeksi flashdisk dan windows XP, namun baru-baru ini, virus ini juga sukses menyerang Windows 7, seperti PC saya contohnya yang ber -OS windows 7. nah pada kesempatan ini saya akan berbagi tips dan trik cara menghilangkan virus shortcut


Cara kerja virus Shortcut

Pertama, setelah virus tersebut berhasil menginfeksi perangkat Anda, virus tersebut akan melakukan kloning sebanyak mungkin pada perangkat Anda. Setelah itu, virus tersebut akan menyembunyikan data-data di perangkat tersebut dan menggantinya dengan file shortcut, sehingga banyak Antivirus yang terkecoh dengan virus ini. Kebanyakan virus ini menyerang sistem yang sedang berjalan dan paling sering menyerang flashdisk.

Biasanya tanda-tanda perangkat Anda terkena virus ini yaitu adanya 4 file shortcut yang terus muncul walau kita sudah menghapusnya, Mengapa ??
karena masih ada induk dari file tersebut yang terhiden atau tersembunyi pada perangkat tersebut, sehingga walaupun Anda menghapus file-file shortcut tadi, file tersebut akan terus muncul sebelum Anda menghilangkan induk dari file tersebut.

Nah jangan kuatir, kali ini saya akan berbagi tutorial


cara menghilangkan virus shortcut tanpa Antivirus.

  1. Pertama yang harus Anda siapkan adalah Flashdisk atau perangkat lain yang terinfeksi virus ini.
  2. Setelah itu Anda tekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian ketikan "cmd", setelah itu tekan Enter.

    Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus Mudah Cepat


    Setelah itu akan muncul program Command Prompt seperti dibawah ini, nah inilah yang akan kita gunakan untuk membasmi virus Shortcut.
    Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus Mudah Cepat
  3. Setelah itu Anda ketikan dimana drive Flashdisk atau perangkat yang terinfeksi berada, saya ambil contoh di drive  E, maka ketikan pada cmd E: ( E titik dua). Setelah itu tekan Enter.
    Setelah itu akan muncul E;\> ( tergantung drive yang Anda ketikan tadi)
    Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus Mudah Cepat
  4. Setelah itu ketikan attrib -s -r -h /s /d
    Ingat spasi berpengaruh dalam langkah ini, jadi ketikan sesuai kata diatas, atau untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
    Cara Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Antivirus Mudah Cepat


    Kata diatas berfungsi untuk memunculkan file-file yang tersembunyi.
    Pada proses ini, akan muncul data-data Anda di cmd.
    Setelah muncul tulisan E:\> (tergantung nama drive Anda).Setelah itu, silahkan buka Flashdisk dan cari dan hapus file autorun.inf dan file-file shortcut tadi, ingat jangan menutup cmd nya.

    Setelah Anda menghapusnya, sekarang Flashdisk atau komputer Anda telah aman dari yang namanya virus shortcut.

Bagaimana mudah bukan, semoga cara diatas bisa membantu Anda, Sekian tutorial mengenai cara menghilangkan virus shortcut tanpa antivirus, semoga artikel dapat sedikit membantu teman-teman yang mengalami masalah dengan virus dan kesulitan untuk menghilangkannya.  Terima kasih.

0 Response to "Cara Menghilangkan Virus Shortcut di laptop"

Poskan Komentar

Selamat datang di blog carabuatakun.com silahkan mengirim komentar dan berkomentarlah yang baik dengan sesuai artikel jangan memasukan link yang aktif karena akan di anggap spam terimakasih